Rabu, 31 Oktober 2018

Penyebab Runtuhnya VOC Serta Penjelasannya Lengkap

Penyebab runtuhnya VOC - Banyak opini yang mengatakan jika karena yang mengakibatkan VOC roboh ialah karena korupsi yang berlangsung di badan VOC tersebut. Akan tetapi tokoh – tokoh berwibawa seperti J.C. van Leur serta W. Coolhaas dengan memberikan keyakinan menyampaikan jika korupsi bukan aspek terpenting dalam kemunduran serta keruntuhan VOC (Boxer, 1983 : 107). Penaklukan tiga daerah seperti Malaka, Srilangka serta Makassar cuma bisa dituntaskan setelah pertarungan – pertarungan seru pada lawan – lawan yang gigih, sesaat peperangan yang berlangsung di Jawa Tengah menunjukkan kekurangan –kelemahan yang mencolok dari organisasi serta personel militer VOC.

Perang Persaingan perebutan Mahkota III (1749 – 1755) selesai tiada memberi penyelesaian yang pasti, tapi akhirnya seri sisi tiga pada VOC, Susuhunan Surakarta serta Sultan Yogyakarta. Hal itu menunjukkan lemahnya organisasi serta militer VOC. Akan tetapi Van leur memiliki pendapat jika kekurangan angkatan laut adalah aspek terpenting dalam kejatuhan VOC, meskipun ia mengambil langkah sangat jauh dengan mengatakan jika berikut sebenarnya yang disebut satu – satunya karena keruntuhan VOC.

VOC banyak kekurangan tengaga pelaut yang trampil hingga banyak dipakai tenaga pelaut yang lemah fisik serta terkadang – terkadang sakit. Penurunan dalam kualitas awak kapal VOC mungkin ada hubungan dengan jumlahnya kapal karam, terpenting dalam kelompok kapal Hindia. Perang tahun 1780 – 1783 menunjukkan kelamahan maritim VOC demikian tuturnya, sampai Heeren XVII sangat terpaksa minta pertolongan angkatan laut dari Staten Generaal (Ibid, perihal : 140).

Kondisi VOC yang turun di Asia jadi bahan bahasan di negeri Belanda, tentang apakah yang perlu atau bisa dikerjakan untuk melakukan perbaikan kondisi ini. Beberapa pembela kompeni menjelaskan jika hutangnya yang sejumlah Fl.21.543.644 sudah menyusut jadi Fl.8.506.567 dalam tahun 1799. Mereka mengatakan jika hutang ini semuanya bisa dihapuskan, jika tidak sebab keterkaitannya dalam Perang Belanda – Inggris yang membawa musibah dalam tahun 1780 – 1783, yang benar-benar tidak dikehendakinya. Selanjutnya sebab jumlahnya hutang – hutang VOC dan terjadinya banyak korupsi di badan VOC tersebut, pihak negeri Belanda melayangkan mosi tidak yakin pada Heeren XVII serta membubarkannya. Dengan begitu VOC juga dibubarkan pada 31 Desember 1799.

Diluar itu banyak sebab- karena lainnya dari beberapa ahli. Di bawah ini ialah beberapa opini mereka

Pada pertengahan era ke 18 VOC alami kemunduran sebab beberapa karena. Kemunduran ini menyebabkan dibubarkannya VOC. Diantara beberapa sebabnya ialah:
1. Banyak pegawai VOC yang curang serta korupsi.
2. Banyak pengeluaran untuk cost peperangan contoh perang menantang Hasanuddin dari Gowa.
3. Jumlahnya upah yang perlu dibayar sebab kekuasaan yang luas memerlukan pegawai yang banyak.
4. Pembayaran Devident (keuntungan) buat pemegang saham ikut memberatkan sesudah pemasukan VOC kekurangan.
5. Menambahnya saingan dagang di Asia terpenting Inggris serta Perancis.
6. Pergantian politik di Belanda dengan berdirinya Republik Bataaf 1795 yang demokratis serta liberal menyarankan perdagangan bebas.

Pada akhirnya VOC dibubarkan pada 31 Desember 1799 dengan hutang 136,7 juta gulden serta kekayaan yang dibiarkan berbentuk kantor dagang, gudang, benteng, kapal dan daerah kekuasaan di Indonesia. Semenjak tahun 1780-an berlangsung penambahan cost serta berkurangnya hasil penjualan, yang mengakibatkan kerugian perusahaan dagang itu. Perihal ini dikarenakan oleh korupsi, kolusi serta nepotisme yang dikerjakan oleh beberapa pegawai VOC di Asia Tenggara, dari petinggi rendah sampai petinggi tinggi, termasuk juga beberapa residen. Contohnya beberapa residen Belanda memaksa rakyat untuk menyerahkan hasil produksi pada mereka di harga yang begitu rendah, dan di jual kembali pada VOC lewat kenalan atau kerabatnya sebagai petinggi VOC di harga yang tinggi sekali.

Sebab korupsi, lemahnya pengawasan administrasi dan perseteruan dengan pemerintah Belanda berkenaan dengan semakin menyusutnya keuntungan yang ditransfer ke Belanda sebab dikorupsi oleh beberapa pegawai VOC di beberapa lokasi, jadi kontrak VOC yang jatuh tempo pada 31 Desember 1979 tidak diperpanjang kembali serta dengan sah dibubarkan tahun 1799. Sesudah dibubarkan, plesetan VOC jadi Vergaan Onder Corruptie (Hancur sebab korupsi).Sesudah VOC dibubarkan, beberapa daerah yang sudah jadi kekuasaan VOC, diambil alih –termasuk utang VOC sebesar 134 juta gulden- oleh Pemerintah Belanda, hingga dengan begitu politik kolonial sah diatasi sendiri oleh Pemerintah Belanda. Yang menjalankan politik imperialisme dengan sistematis, dengan arah kuasai semua lokasi, yang lalu jadikan menjadi daerah otonomi yang diberi nama India-Belanda (Nederlands-IndiĆ«) dibawah pimpinan seseorang Gubernur Jenderal.

Gubernur Jenderal VOC paling akhir, Pieter Gerardus van Overstraten (1797 – 1799), jadi Gubernur Jenderal Pemerintah India-Belanda pertama (1800 – 1801).

VOC kependekan dari Verenigde Oostindische Compagnie atau kongsi dagang belanda. VOC berdiri semenjak 1602 untuk berdagang ke semua benua asia yang sempat berkuasa serta jaya menjadi kongsi dagang dengan mempunyai banyak laba hasil dari penjualan rempah-rempah serta barang komoditi yang lain yang datang dari asia yang setelah itu di jual ke Eropa. Akan tetapi perusahaan kongsi dagang atau VOC alami kemunduran serta selanjutnya semua asset dari VOC diambil oleh pemerintahan Belanda pada era ke-18. Tentang apakah pemicu atau kenapa VOC bisa hancur, roboh, bankrut, atau alami kemunduran bisa disaksikan tentang beberapa faktor pemicu runtuhnya/kehancuran VOC berikut ini...

Aspek Pemicu Runtuhnya/Kehancuran VOC
- Jumlahnya korupsi di sejumlah besar pegawai tinggi VOC yang dipakai untuk beli rumah-rumah elegan di belanda.
- Jumlahnya hasil laba yang diselewengkan oleh beberapa pegawai di kantor cabang, tampak dari pembukuan laba yang berlainan dari dagang asia dengan kantor pusat di belanda.
- Terdapatnya ekspansi dagang untuk jadi besar daerah jangkauan perdagangan yang memerlukan cost yang banyak sedang laba yang dibukukan tidak memenuhi membuat jumlahnya hutang-hutang VOC dari ekspansi dagang itu.
- Terdapatnya serangan pada kapal-kapal VOC yang dikerjakan oleh armada angkatan laut Eropa, hingga banyak kapal VOC yang tidak kembali membuat VOC kekurangan armada kapal untuk berdagang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar